Jumat, 13 Juli 2018

Relative Clauses


Relative clause adalah kumpulan kata yang langsung bisa dipahami sebagai penjelas dari kalimat sebelumnya. Ada 5 jenis kata penghubung yang dipakai dalam ungkapan ini, yaitu Who, Whom, Whose, Which, dan That.

Who dipakai sebagai pengganti orang sebagai subyek.
Contohnya:
The girl who is walking is my little sister.
(gadis yang sedang berjalan itu adalah saudara perempuanku)

Whom dipakai sebagai pengganti orang sebagai subyek.
Contohnya:
The girl whom I met yesterday is my little sister.
(gadis yang saya temui kemarin adalah saudara perempuanku)

Whose dipakai sebagai pengganti kepunyaan.
Contohnya:
I met my little sister whose bag is red.
(saya bertemu adik perempuanku yang mempunyai tas berwarna merah)

Which dipakai sebagai pengganti kata benda.
Contohnya:
This is the music which I always listen.
(ini adalah musik yang selalu aku dengarkan)

That dipakai sebagai pengganti orang dan benda.
Contohnya:
The girl that I talked will married next month.
(gadis yang saya bicarakan akan menikah bulan depan)


Indikator Penggunaan Relative Clause dalam Kalimat

1.     Sebagai subjek (subject) klausa
·     Is that the man who lives near your house? (Apakah pria tersebut yang tinggal di dekat rumahmu?)
·     The teacher said the accident that was done by some students was unforgiveable. (Guru mengatakan bahwa kecelakaan yang dilakukan oleh beberapa siswa tidak bisa dimaafkan)

2.     Sebagai objek (object) klausa
·    Have you met someone who I slapped at the party? (Sudahkah kamu bertemu dengan seseorang yang saya tampar di pesta?)
·      I really like your dress which you bought at the mall yesterday. (Saya sangat suka gaunmu yang kamu beli di mall kemarin)

3.     Sebagai objek preposisi
Ketika Relative Pronoun sebagai objek preposisi, kita biasanya meletakkan preposisi setelah kata kerja:
·        You were talking to a man
Who was the man who you were talking to?
(Kamu sedang berbicara kepada seorang pria
Siapakah pria yang kamu berbicara dengannya?)

·        My relatives live in that village
That is the village that my relatives live in.
(Saudara saya tinggal di desa itu
Itu adalah desa dimana saudara saya tinggal)

4.     Time and Place
Kita juga menggunakan when untuk menyatakan waktu dan where untuk menyatakan tempat.

Contoh:
·      I remember the day we just met. It was the day when I entered university. (Saya ingat hari kita baru bertemu. Itu adalah hari ketika saya masuk universitas)
·      Were you at home last night when I went out with my boyfriend? (Apakah kamu dirumah semalam ketika saya pergi keluar dengan pacar saya?)
·       Do you remember the place where we met the first time? (Apakah kamu ingat tempat dimana kita bertemu untuk pertama kali?)



Sumber : 

http://kakakpintar.com/pengertian-relative-clause-penjelasannya/

http://grammarbahasainggris.net/pengertian-relative-clause-serta-contoh-kalimat-dan-soal.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar